-->

Mencoba Menyelam Bebas di Pesisir Amed, Bali


Mencoba Menyelam Bebas di Pesisir Amed, Bali
Sumber: genpinews.com

Pesisir Amed di wilayah Timur Laut Bali bukan salah satu destinasi yang akan langsung diingat para pencari tiket murah. Akan tetapi, Amed memiliki laut yang indah, tenang, dan cocok untuk menyelam bebas (freediving). Atmosfer tenang serta perairan indahnya membuat pengalaman menyelam menjadi berkesan. Cocok untuk para pecinta laut yang menginginkan pengalaman lebih mendalam.

Baca Juga : Keseruan Wisata Ke Bali

Apa Itu Menyelam Bebas?

Menyelam bebas adalah seni menjelajahi perairan dengan peralatan minimal. Anda mengandalkan pernapasan, kendali otot, ketenangan, serta kemampuan untuk rileks dan melepaskan ketegangan saat situasi membutuhkan. Pesisir Amed memiliki perairan yang cukup jernih, dalam, tenang, dan memiliki panorama indah. Sesuai untuk menjajal selam bebas bersama instruktur profesional.

Ketika menyelam bebas, Anda menerapkan “refleks menyelam mamalia”, yaitu kemampuan tubuh untuk menyesuaikan kondisinya dengan situasi bawah air. Detak jantung menjadi menurun, pernapasan melambat, dan pengangkutan oksigen lewat aliran darah terfokus pda otak, jantung, serta paru-paru.

Di Amed, Anda bisa belajar menyelam bersama instruktur bersertifikat PADI. Jenis program bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Jenis Program Menyelam Bebas di Amed

Bali memiliki beberapa pusat latihan menyelam yang menawarkan program selam bebas di Amed. Program menyelam ini biasanya terdiri dari beberapa tingkatan, yaitu:

● Pemula
Program pemula ditujukan untuk mereka yang belum pernah menyelam. Anda biasanya akan diajari teknik pernapasan dan pergerakan otot di darat, sebelum menjajalnya di air. Siswa pemula biasanya mencoba teknik-teknik yang mereka pelajari di dalam perairan sedalam 10 hingga 15 meter. Anda masih bisa menikmati pengalaman menyelam yang menenangkan sekaligus melihat ikan dan koral.

● Tingkat pemula-menengah

Siswa yang sudah memiliki kemampuan fisik cukup atau pengalaman dasar bisa menjajal pelatihan kelas pemula-menengah. Instruktur akan mengajak siswa untuk mencoba teknik-tekniknya di perairan hingga kedalaman 20 meter.

● Tingkat menengah-ahli

Kelas tingkat menengah hingga ahli biasanya khusus untuk mendapat sertifikat PADI. Anda akan diajak menyelam hingga kedalaman 30 hingga 40 meter. Instruktur juga akan mengajak siswa ke titik-titik penyelaman populer, seperti bangkai kapal USAT Liberty. Teknik-teknik yang dipelajari juga lebih maju, seperti teknik selam tanpa sirip kaki dan strategi menghadapi kondisi darurat bawah air.

● Tingkat instruktur

Ingin menjadi instruktur selam bebas? Anda bisa mengikuti kelas khusus instruktur, yang biasanya berlangsung selama tujuh hingga delapan hari. Selain mengajarkan teknik tingkat lanjut, program ini juga memberi Anda tes dan sertifikat.

Tempat pelajaran menyelam seperti Fathom Freedive juga mengajarkan teknik lain terkait penyelaman bebas, seperti fotografi bawah air, menyelam bersama ikan pari, hingga memancing dengan tombak (spearfishing).

Tips sebelum Mencoba Menyelam Bebas

Menyelam bebas di laut dalam bisa menjadi pengalaman yang cukup menegangkan. Pastikan Anda melatih fisik dan mental dengan berolahraga, berlatih pernapasan, serta meditasi beberapa minggu sebelum merencanakan pembelian tiket pesawat ke Bali. Anda juga bisa memesan paket pelatihan yoga dan pernapasan di tempat menyelam yang menyediakannya.

Amed cukup jauh dari daerah perkotaan, sehingga Anda sebaiknya memesan tiket murah untuk menghemat biaya perjalanan. Airy Tiket Pesawat menyediakan rute ke berbagai area di seluruh Indonesia dengan harga bersaing. Kisaran harganya sudah termasuk pajak, dan bisa Anda bayar dengan transfer bank atau kartu kredit.

Unduh aplikasinya ke perangkat Android atau Apple Anda untuk kemudahan bertransaksi. Anda bisa mengubah jadwal serta jam jika rencana perjalanan berubah. Airy juga memiliki pilihan hotel murah di berbagai area di Bali. Merencanakan perjalanan pun lebih mudah dan murah, sehingga Anda bisa fokus ke kegiatan di pesisir Amed.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel