Cara Cepat Mengobati Batuk Pada Ibu Menyusui

Batuk adalah penyakit sejuta umat, pasalnya batuk ini hampir menyerang semua manusia dan semua usia. Pada umumnya terjadinya batuk ini adalah dikarenakan adanya virus influenza yang menyerang dan biasanya tidak akan begitu membahayakan. Tetapi yang perlu diketahui adalah untuk menangani penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dibutuhkannya antibiotik. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah akan dengan mudah terserang virus. Jika dibandingkan orang dewasa, balita dan bayi akan lebih sering terserang batuk.

Cara Cepat Mengobati Batuk Pada Ibu Menyusui

Tetapi akan berbeda kasusnya pada saat batuk ini menyerang ibu menyusui. Pastinya seorang ibu menyusui tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat batuk yang banyak dijual dipasaran, karena obat obat tersebut kemungkinannya akan memberikan dampak buruk pada bayi yang sedang disusui. Jika ibu hamil ini tidak ingin terkena resiko dari penggunaan obat obat yang mengandung bahan kimia, maka bisa dengan menggunakan obat obatan tradisional dari bahan bahan alami.

Tenggorokan ibu akan merasa gatal dan tidak nyaman pada saat batuk mulai datang menyerang. Selain itu juga batuk yang tidak kunjung henti akan memunculkan suara berisik yang dapat menyebabkan bayi terbangun dari tidurnya. Bagi ibu yang sedang menyusui, datangnya batuk yang menyerang mungkin adalah penyakit yang ringan tetapi akan cukup mengganggu. Jika adanya batuk ini tidak ditangani dengan tepat, maka batu yang diderita bisa bertahan lama dan pastinya akan terasa semakin mengganggu. Tetapi ibu menyusui ini tidak perlu khawatir karena adanya banyak cara mengatasi batuk dengan cepat secara alami.

Berikut cara cepat mengobati batuk pada ibu menyusui diantaranya yaitu :

1. Menggunakan Bawang Putih 

Batuk dan demam pada ibu menyusui ternyata dapat diobati dengan mengkonsumsi bawang putih mentah. Cara memanfaatkannya sangatlah mudah yaitu cukup dengan mengupas bawang putih lalu mencucinya hingga bersih dan makanlah secara mentah sebanyak 1 hingga 3 siung. Untuk mempercepat proses penyembuhan cobalah untuk mengkonsumsi bawang putih ini setidaknya sebanyak 2 kali setiap hari. Jika ibu tidak suka mengkonsumsi bawang putih secara mentah, maka bisa dengan mencoba cara yang lainnya yaitu dengan merebusnya atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi suplemen.

2. Mengkonsumsi Vitamin C 

Cobalah berikan kepada tubuh ibu menyusui suplemen dan nutrisi dari makanan ataupun minuman yang kaya akan Vitamin C. Misalnya saja selama menyusui memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup. Dengan melakukan cara ini maka akan dapat membantu ibu menyusui untuk tetap fit dan bisa segera pulih dari flu dan batuk yang dideritanya. Tetapi yang perlu diingat oleh para ibu menyusui ini adalah meski ada banyak manfaat didalam Vitamin C, jangan terlalu sering mengkonsumsi buah atau makanan yang mengandung Vitamin C karena hal tersebut akan kurang baik untuk kesehatan dan pencernaan pada bayi ibu.

3. Mengkonsumsi Minuman Hangat

Salah satu obat batuk untuk ibu menyusui yang bisa didapatkan dengan mudah dan mudah dilakukan adalah dengan mengkonsumsi minuman hangat. Dengan mengkonsumsi minuman hangat ini maka akan dapat membantu tubuh untuk lebih hangat dan segar pada saat terkena flu dan batuk. Beberapa minuman hangat yang dipercaya baik dikonsumsi oleh ibu menyusui seperti teh, jahe, dan susu hangat.

4. Mengkonsumsi Madu 

Madu memang sudah sejak lama dikenal ampuh dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Pada saat ibu menyusui menderita flu maka usahakan disetiap paginya mengkonsumsi madu. Madu ini dapat ibu konsumsi secara langsung ataupun dengan mencampurkannya kedalam teh hangat.

5. Mengkonsumsi Probiotik 

Probiotik adalah mikroorganisme yang biasanya akan ada didalam produk minuman ataupun yoghurt. Kandungan probiotik ini akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi probiotik ini tidak akan bekerja secara langsung untuk bisa menghilangkan batuk. Tetapi penggunaan probiotik ini dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh yang dapat menyeimbangkan bakteri yang hidup didalam usus ibu menyusui. Meski begitu pada saat akan mengkonsumsinya haruslah berhati hati. Pasalnya jika probiotik tersebut dikonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan semakin tebalnya dahak yang ada ditenggorokan.

6. Mengkonsumsi Nanas 

Untuk mengobati batuk pada ibu yang menyusui juga bisa dengan memanfaatkan buah nanas. Pasalnya adanya kandungan bromelain didalam nanas yang dipercaya efektif dapat membantu untuk mengeluarkan lendir dari dalam tenggorokan dan  juga meredakan batuk.

7. Menggunakan Sari Cuka Apel

Kandungan antibakteri yang ada didalam sari cuka apel ini dapat dimanfaatkan untuk membantu membunuh mikroba yang merupakan penyebab sakit batuk dan tenggorokan. DEngan menggunakan sari cuka apel ini juga maka akan dapat membantu untuk melegakan saluran pernapasan dan akan dapat dikeluarkannya lendir yang berlebihan dari tenggorokan.

8. Menggunakan Kunyit 

Salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat adalah kunyit. Kunyit ini selain bisa ibu manfaatkan sebagai bumbu dapur tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk secara alami yang dialami ibu menyusui. Pasalnya kandungan utama yang ada didalam kunyit yaitu curcumin dipercaya ampuh dapat membantu untuk menyehatkan tubuh dan akan mampu melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Bagi para ibu menyusui ataupun calon ibu menyusui sebaiknya selalu menyiapkan bahan bahan herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk pada saat sedang menyusui. Hal ini tentunya sebagai persiapan jika sewaktu waktu nanti ibu akan mengalami batuk, sedangkan ibu ingin tetap menjaga supaya si kecil tetap sehat dan tumbuh kembangnya tetap aman.

Tetapi yang perlu diingat oleh setiap ibu menyusui adalah tidak semua obat herbal baik untuk dikonsumsi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan supaya tetap terjaganya kondisi bayi tetap sehat maka pastikan terlebih dahulu ibu mengkonsultasikannya dengan dokter.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cepat Mengobati Batuk Pada Ibu Menyusui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel