Lika-Liku Hidup iPhone Si Handphone Pintar

iPhone – Steve Jobs memang seorang yang tak pernah kehabisan ide. Terlihat dari perkembangan salah satu produk Apple yang dimilikinya, iPhone. Bagi kamu para pengguna iPhone, Steve Jobs tak pernah lelah berinovasi untuk melahirkan model-model baru iPhone dengan perbaikan-perbaikan fitur dan kualitas. Tentunya hal itu dilakukan untuk semakin mempermudah kalian para pengguna untuk mengakses berbagai informasi.

Lika-Liku Hidup iPhone Si Handphone Pintar

Nah, buat kamu yang ngaku-nya pengguna iPhone sejati, udah tahu sejarah perkembangan handphone yang kamu pegang saat ini belum? Kalau belum, yuk simak cerita singkat perkembangan iPhone dari masa ke masa berikut.

1. iPhone (1st generation)

iPhone (1st generation)

iPhone generasi pertama ini sering juga disebut sebagai Original iPhone, iPhone 1, iPhone 1G, atau iPhone 2G. Produk ini merupakan hasil dari ide brilian Steve Jobs yang digagasnya sejak tahun 2005. Ia saat itu ingin membuat sebuah handphone yang didukung oleh multi-touch touchscreen sehingga pengguna bisa menunjuk langsung menu yang mereka inginkan maupun mengetik langsung pada layar handphone; atau singkatnya: menghilangkan bentuk fisik keyboard.

Setelah menghabiskan dana hingga ±$150 juta dengan proses yang tidak sebentar (30 bulan), akhirnya pada 9 Januari 2009 iPhone generasi pertama pun diperkenalkan dan pada 29 Juni 2007 diluncurkan ke pasar United States. iPhone pertama ini dibandrol dengan harga $499 tiap unit.

iPhone generasi pertama ini merupakan handphone dengan fitur quad-band GSM untuk jaringan selulernya dan GPRS dan EDGE untuk jaringan internetnya. Saat pertama kali diluncurkan, iPhone memiliki beberapa pilihan memori internal: 4 GB, 8 GB, dan 16 GB. Karena iPhone merupakan produk baru bagi Apple, tentunya masih banyak kekurangan yang dimiliki iPhone generasi pertama ini. Beberapa keterbatasan yang dimiliki iPhone di antaranya adalah kamera yang belum memiliki sistem auto-focus serta belum adanya fitur video. iPhone juga belum memiliki teknologi 3G (masih 2.5G) dan nada dering yang ada pun masih default (tidak bisa diubah) dari nada dering yang diberikan Apple.

2. iPhone 3G

iPhone 3G

Setelah meluncurkan iPhone generasi pertamanya, Apple terus berinovasi untuk mengembangkan produknya. Hingga pada 11 Juli 2008, iPhone 3G pun dirilis. iPhone 3G yang sering disebut sebagai iPhone generasi kedua ini tersebar di 22 negara.

Pada dasarnya, iPhone 3G hampir mirip dengan iPhone sebelumnya. Fitur baru yang dimiliki iPhone 3G di antaranya adalah GPS dan jaringan 3G, serta fitur push email dan petunjuk dalam fitur navigasi. Di iPhone 3G inilah pertama kali App Store diperkenalkan, di mana App Store berperan sebagai platform distribusi baru yang dimiliki Apple bagi aplikasi-aplikasi pihak ketiga/third-party applications. Tidak seperti iPhone generasi pertama, iPhone 3G ini dirilis dengan hanya dua pilihan memori internal: 8 GB dan 16 GB. Fitur kamera yang dimiliki iPhone 3G tidak lebih baik dari iPhone sebelumnya, belum memiliki fitur auto-focus dan video, kameranya pun masih 2 MP.

iPhone generasi kedua ini dibandrol dengan harga yang cukup jauh dari harga peluncuran iPhone sebelumnya, yakni seharga $199.

3. iPhone 3GS

iPhone 3GS

iPhone 3GS merupakan pengembangan dari iPhone 3G. iPhone 3GS ini dirilis pada 19 Juni 2009 di US, Kanada, dan 7 negara Eropa lainnya dan pada 26 Juni 2009 di Australia dan UK. Namun iPhone 3GS sudah tersedia untuk dipesan secara pre-order sejak 7 Juni 2009. Penjualan iPhone 3Gs ini sama fantastisnya dengan penjualan iPhone 3G. Lebih dari 1 juta unit terjual pada minggu pertama peluncurannya ke pasar.

Pengembangan fitur pada iPhone 3GS ini lebih banyak terletak pada bagian internal, terutama terkait speed atau prosesornya. Prosesor iPhone 3GS 2 kali lebih cepat dibandingkan iPhone sebelumnya. Selain itu, iPhone 3GS memiliki fitur kamera dengan resolusi yang lebih besar (3 MP) dan telah dilegkapi dengan fitur auto-focus, auto white balance, dan auto macro. Di iPhone 3GS inilah pertama kali fitur video muncul, meskipun masih berukuran VGA. Fitur baru lainnya ialah Voice Control dan Digital Compass.

iPhone 3Gs menawarkan dua pilihan memori internal: 16 GB dan 32 GB, dengan harga masing-masing $199 untuk model 16 GB dan $299 untuk model 32 GB.

4. iPhone 4

iPhone 4

Generasi iPhone yang berikutnya yakni iPhone 4, yang diperkenalkan pada 7 Juni 2010 dan rilis pada 24 Juni 2010. Munculnya iPhone 4 ini bisa dikatakan sangat mendapat respon positif dari pasar. Hanya dalam waktu 24 jam saja, penjualan mencapai 60.000 unit. Fantastis sekali, bukan?

Apa sih yang baru dari iPhone 4? Apple telah mendesain iPhone 4 ini dengan sebuah teknologi baru yang belum ada di versi-versi iPhone sebelumnya, yaitu teknologi Retina Display. Teknologi retina display ini membuat tampilan layar iPhone 4 menjadi lebih tajam.

Selain itu, beberapa fitur baru yang ditambahkan yaitu fitur kamera depan untuk video call dan kualitas kamera yang semakin bagus (5 MP). Dari segi tampilan, desain iPhone 4 lebih tipis dibandingkan model-model iPhone sebelumnya dan menggunakan tambahan material stainless steel untuk membungkus body-nya.

5. iPhone 4S

iPhone 4S

iPhone yang rilis pada 14 Oktober 2011 ini pada dasarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan versi iPhone 4. Dalam iPhone 4S ini, Apple menambahkan beberapa layanan seperti iCloud, iMessage, Siri, Notification Center, dan Reminder. Selain itu, iPhone 4S ini juga sudah mulai terintegrasi dengan Twitter.

Pada iPhone 4S inilah pertama kali Apple memperkenalkan prosesor Dual Core yang pertama. Dari segi konektivitas, pada iPhone 4S inilah pertama kali GSM dan CDMA dikombinasikan dalam satu ponsel. Untuk fitur kamera, iPhone 4S telah menggunakan kameran beresolusi 8 MP.

6. iPhone 5

Satu tahun setelah iPhone 4S rilis, pada 21 September 2012 Apple meluncurkan model terbaru dari iPhone, yaitu iPhone 5.

Pada iPhone 5 ini, Apple melakukan perubahan desain yang cukup signifikan dengan mengubah ukuran layar dari 3,6 inci menjadi 4 inci, yang sangat cocok digunakan untuk menonton video. Body iPhone 5 yang full terbuat dari aluminium, membuat iPhone 5 menjadi lebih ringan untuk dibawa dibandingkan dengan model-model sebelumnya. Selain itu, pilihan warna iPhone 5 juga lebih bervariasi.

Pada iPhone 5 ini, Apple mengembangkan lagi prosesor dual core yang ada pada iPhone 4S menjadi lebih cepat.

7. iPhone 5S dan iPhone 5C

iPhone 5S dan iPhone 5C


Kedua iPhone ini merupakan iPhone generasi ke tujuh. Ya, pada 20 September 2013, iPhone merilis dua model iPhone sekaligus.

iPhone 5S dirilis dengan desain yang sama persis dengan iPhone 5, dengan beberapa perbaikan dan penambahan fitur. Pada iPhone 5S inilah pertama kali Apple memperkenalkan fitur LED Flash Dual Tone untuk warna yang lebih akurat. Selain itu, prosesor CPU 64-Bit juga pertama kali diperkenalkan pada iPhone 5S ini. iPhone 5S juga dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk sistem keamanannya.

iPhone 5C, yang dirilis bersamaan dengan iPhone 5S, ditujukan Apple untuk menarik pasar yang lebih low-budget (menengah ke bawah). iPhone 5C ditawarkan dengan harga yang lebih rendah, dengan spesifikasi hardware yang sama dengan iPhone 5. Hanya saja iPhone 5C ini menggunakan materi polikarbonat pada bagian belakangnya.

8. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Mungkin bisa dibilang bahwa iPhone 6 dan 6 Plus ini merupakan ‘versi raksasa’-nya iPhone, terutama untuk iPhone Plus. Kedua model iPhone yang dirilis secara bersamaan ini hadir dengan ukuran layar yang lebar: iPhone 6 4,7 inci, iPhone 6 Plus 5,5 inci. Keduanya, yang diperkenalkan pada 9 September 2014 dan rilis pada 19 September 2014, memiliki spesifikasi yang sama persis. Harga keduanya pun sama-sama mahal, tidak seperti yang diterapkan pada iPhone 5S dan 5C.


Pada versi iPhone generasi ke delepan ini, Apple menggunakan chip prosesor baru yang tentunya lebih cepat, yaitu Apple A8. Fitur-fitur baru yang ada pada kedua iPhone ini di antaranya peningkatan performa untuk fitur video, serta peningkatan jaringan LTE dan WiFi. Dari segi desain body, Apple tetap mempertahankan body dengan material aluminium dengan ukuran yang lebih tipis. Karena tipisnya model iPhone ini, banyak pengguna mengeluh iPhone 6 maupun 6 Plus ini mudah bengkok.

Hmmm, kira-kira model iPhone seperti apa lagi ya yang akan dikeluarkan Apple?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lika-Liku Hidup iPhone Si Handphone Pintar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel