-->

Keutamaan Infaq yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Infaq menjadi salah satu kegiatan yang banyak dikerjakan dengan memberikan sebagian harta kita. Namun apakah Anda tahu definisi infaq, macam-macam infaq online serta keutamaan infaq? Jika Anda belum tahu, maka wajib hukumnya untuk menyimak artikel ini hingga selesai.

Keutamaan Infaq yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Apakah yang Dimaksud dengan Infaq?

Infaq merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengeluarkan ataupun membelanjakan sejumlah harta yang ditambahkan zakat maupun non zakat. Sedangkan hukum dari infaq sendiri ada yang sunnah dan bahkan ada yang wajib. Sedangkan untuk jenis infaq sendiri minimal ada 2 yakni infaq wajib yang akan diserahkan sebagai kafarat, zakat, nadzar dan lain sebagainya. Untuk infaq sunnah yang diterima infaq bagi fakir miskin yang muslim, infaq perubahan alam dan lain sebagainya.

Keutamaan Infaq

Infaq memiliki banyak keutamaan yang bisa didapatkan untuk meraih pahala dari Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa keutamaan infaq yang wajib diketahui umat muslim.

·      Infaq bisa memudahkan seseorang untuk masuk ke dalam surga

·      Infaq bisa membuat ahlinya terjaga dari api neraka

·      Infaq bisa memberkahi serta menumbuhkan harta atau melapangkan rezeki

·      Infaq bisa menolak musibah

·      Infaq dapat menghapus dosa-dosa

·      Infaq dapat memperbanyak kebaikan serta melipatgandakan pahala di hadapan Allah SWT

·      Ahli infaq dan sedekah nantinya akan dipanggil untuk masuk surga dari sebelah pintu sedekah. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw “Barang siapa yang ahli infaq dan sedekah, maka ia akan dipanggil (untuk masuk ke dalam surga) melalui pintu sedekah”. (Shahih Bukhari 2/1798).

·      Berinfaq dapat mensucikan jiwa serta dapat mengikis sifat bakhil (kikir).

·      Infaq dan sedekah akan memberikan kelapangan dada, mengobati serta akan melenturkan hati yang keras

·      Harta yang diinfaqkan merupakan harta sejati yang akan dimiliki untuk selamanya

·      Infaq akan membuat seseorang dilindungi oleh Allah SWT dari terik matahari saat di padang mahsyar pada hari kiamat

·      Infaq bisa untuk membersihkan harta

4 Jenis Infaq

Infaq yang selama ini kita kenal mungkin hanya sebatas membelanjakan harta di jalan Allah SWT. Namun sebenarnya infaq sendiri punya beberapa macam. Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah 4 macam-macam infaq yang harus Anda ketahui:

·      Infaq yang Wajib

Jenis infaq yang pertama yaitu infaq yang dihukumi wajib. Infaq wajib ini adalah infaq yang wajib hukumnya untuk dikeluarkan oleh seseorang. Apabila tidak dilakukan, maka orang tersebut mendapat dosa. Contoh infaq yang dihukumi wajib adalah infaq mas kawin. Mas kawin sendiri dalam Islam adalah salah satu syarat sahnya sebuah pernikahan. Mas kawin tersebut juga termasuk dalam kategori infaq yang wajib untuk ditunaikan.

Selain mas kawin, kifarat juga termasuk infaq yang wajib untuk dilakukan. Kafarat atau kifarat ialah denda yang harus disetujui bagi seorang muslim untuk melepaskan hukum Allah. Kifarat tersebut diberikan berdasarkan dari jenis kesalahannya. Sedangkan penerima infaq kafarat tersebut boleh siapa saja termasuk keluarga sendiri atau kerabat lainnya yang sedang membutuhkan.

Contoh lainnya dari infaq yang dihukumi wajib yaitu menafkahi istri dan keluarga. Infaq wajib yang harus dilakukan oleh para suami ini termasuk infaq yang bisa mendapatkan pahala besar.

·      Infaq yang Sunnah

Jenis infaq yang selanjutnya yaitu infaq yang dihukumi sunnah. Infaq jenis ini ialah infaq yang ditunaikan untuk tujuan sedekah. Sedekah sendiri termasuk ke dalam kategori infaq sunnah yang diberikan dalam bentuk harta. Dalam agama islam sendiri, infaq yang hukumnya sunnah ada dua yaitu infaq untuk jihad dan infaq untuk orang yang membutuhkan. Untuk infaq jihad bisa diberikan kepada kelompok atau seseorang yang berjuang di jalan Allah SWT.

Infaq sunnah memberikan manfaat yang sangat banyak kepada penerimanya seperti dapat membantu dari kelaparan atau yang lainnya. Sedangkan bagi yang berinfaq tentunya akan mendapatkan manfaat lebih besar yakni akan diampuni dosanya oleh Allah SWT.

·      Infaq Mubah

Infaq yang dihukumi mubah yaitu infaq yang dilakukan tidak akan memberikan pahala kepadanya. Infaq yang satu ini dilakukan untuk hal-hal yang hukumnya juga mubah seperti membelanjakan harta untuk berdagang atau untuk bercocok tanam. Jika harta yang dikeluarkan untuk hal-hal tersebut atau untuk urusan bisnis tidaklah mendapatkan dosa atau pun pahala bagi pelakunya.

·      Infaq Haram

Jenis infaq yang terakhir yaitu infaq yang dihukumi haram. Infaq haram yang dimaksud disini adalah infaq yang dikeluarkan oleh orang muslim. Contoh infaq yang dihukumi haram ini adalah mengeluarkan harta yang akan diinfaqkan namun tidak ikhlas memberikannya atau niatnya bukan karena Allah. Misalnya seperti memberikan infaq dengan niat ingin dipuji atau mengharapkan balasan dari orang lain.

Sebagaimana yang disebutkan dalam surat Al-Ma'un ayat 4 yang menjelaskan bahwa orang yang riya’atau ingin dipuji adalah salah satu ciri-ciri orang munafik atau orang yang mendustakan agama. Perbuatan riya’ adalah sebuah perbuatan yang tercela yang akan menghapus pahala infaq.

Maka dari itu infaq yang dikeluarkan dengan tujuan ingin dipuji atau riya’dan bukan ikhlas karena Allah SWT, maka infaq tersebut dihukumi haram. Selain itu ada lagi vontoh infaq yang dihukumi haram lainnya seperti mengeluarkan harta untuk diinfaqkan dengan tujuan menghalang-halangi dalam syiar agama Islam.

Hal tersebut sebagaimana yang telah disebutkan di dalam surat Al Anfal ayat 36. Di dalam surat tersebut telah diberitahukan bahwasanya orang kafir yang menggunakan harta bendanya dengan tujuan menghalangi syiar agama Islam, maka mereka akan dikembalikan dan akan dimasukkan ke dalam neraka jahanam. Selain di dalam surat Al Anfal, tentang infaq yang dihukumi haram juga terdapat di dalam surat An Nisa ayat 38 yang di dalamnya menjelaskan tentang orang-orang yang ingin dipuji atau riya’.

Di atas tadi merupakan jenis-jenis infaq beserta hukumnya di dalam Islam. Tentunya infaq memang bukan hanya sekadar untuk membantu sesama sehingga akan mendatangkan manfaat kepada penerima, namun infaq juga akan memberikan manfaat bagi pelakunya. Sebab pahala mengeluarkan infaq karena Allah SWT pahalanya sangat besar.

Itulah pembahasan lengkap tentang keutamaan infaq serta macam-macam infaq yang harus diketahui oleh umat muslim. Infaq bukan hanya boleh dikeluarkan secara langsung, sebab saat ini sudah banyak cara lainnya untuk berinfaq dengan mengikuti perkembangan zaman yang teknologinya semakin canggih. Infaq juga bisa dilakukan dengan infaq online. Sebab infaq online juga sama halnya dengan infaq pada umumnya sehingga pahala yang didapat juga sama asalkan tidak ada tujuan selain karena Allah SWT.

Nah, tunggu apa lagi. Jangan bengong saja setelah membaca artikel ini dan berlomba-lombalah dalam kebaikan. Salah satu caranya yaitu mengambil manfaat dari artikel ini untuk menggerakkan hati melakukan infaq. Apalagi saat ini sudah banyak cara melakukan infaq tanpa harus keluar rumah terutama bagi Anda yang sibuk. Sudah banyak aplikasi yang menyediakan dan menyalurkan infaq dengan mudah. Semoga membawa manfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keutamaan Infaq yang Wajib Diketahui Umat Muslim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel