-->

Tips Memilih Pipa Air Panas Terbaik

Saat ini memasang saluran pipa air panas sudah cukup banyak dilakukan di rumah hunian modern. Memiliki saluran air panas di rumah selain lebih praktis juga lebih hemat energi. Pasalnya Anda tidak perlu repot-repot lagi memasak air panas untuk mandi, terutama saat cuaca dingin dan sedang musim penghujan. Mandi dengan air panas tentu akan terasa lebih nyaman.

Tips Memilih Pipa Air Panas Terbaik

Sebelum Anda memasang saluran air panas di rumah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pipa untuk menyalurkan air panas di rumah. Pasalnya pipa untuk air panas berbeda dengan pipa pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memilih pipa air panas.

Kenali Berbagai Karakteristik Pipa di Pasaran

Mengenali jenis pipa yang ada di pasaran menjadi hal yang wajib diketahui sebelum membuat instalasi pemipaan tersebut. Apalagi saat ini jenis pipa yang ada di pasaran juga sangat beragam seperti pipa HDPE dan PVC. Pilihlah jenis pipa yang sesuai untuk air panas agar air panas dapat dialirkan dengan maksimal dan tidak mengurangi panas dari air tersebut.

Hindari menggunakan jenis pipa PVC untuk menyalurkan air panas. Alasannya pipa tersebut akan berubah menjadi elastis jika terkena air panas. Jenis pipa yang ideal untuk air panas adalah pipa HDPE dan pipa PP-R atau Polypropylene Random. Kedua jenis pipa tersebut saat ini sudah banyak tersedia di pasaran.

Pipa PP-R

Polypropylene Random merupakan jenis pipa yang mampu menjaga suhu air tetap stabil. Pipa tersebut memiliki kemampuan untuk menahan panas sehingga ideal untuk menyalurkan air panas. Kemampuan insulasi ini juga membuat pipa tidak perlu dilapisi dengan seluruh penahan panas. Biasanya, jenis pipa PP-R sudah memiliki standar internasional. Jadi air yang dialirkan melalui pipa ini bahkan langsung bisa diminum.Pipa tersebut memiliki dinding yang licin sehingga tidak menyebabkan kotoran mengendap dan air pun menjadi lebih higienis.

Kemampuan menahan panas dari jenis pipa air ini adalah sampai 260 derajat Celsius. Selain kuat dan tahan bocor, pipa ini juga tahan abrasi sehingga tidak perlu khawatir mengenai usia pakainya. Bahkan pipa ini dapat digunakan hingga usia 50 tahun. Pipa PP-R terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang sehingga sangat ramah lingkungan.

Pipa HDPE

HDPE atau High Density Polythylene adalah jenis pipa yang bersifat elastis dan lentur. Pipa HDPE sangat tangguh untuk menghadapi tekanan air yang besar meskipun bersifat elastis. Karena sangat elastis, pipa ini memungkinkan untuk digulung. Materialnya juga kuat dan aman menghadapi suhu tinggi sehingga sangat cocok untuk instalasi pipa air panas.

Rucika sebagai salah satu brand pipa yang sudah terkenal di Indonesia juga telah menghadirkan varian produk pipa HDPE dan pipa PP-R yang cocok untuk menyalurkan air panas. Kualitas pipa Rucika sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah bersertifikat SNI.

Pipa air HDPE Rucika terbuat dari bahan yang aman dan bersifat tahan karat. Selain itu bahan plastiknya juga tidak beracun sehingga cocok untuk mengalirkan air konsumsi rumah tangga. Produk Rucika yang populer untuk kebutuhan instalasi aliran air panas adalah Rucika Green.

Pipa tersebut tidak hanya cocok untuk air panas tetapi juga air dingin bertekanan. Rucika Geen terbuat dari material PP-R Type 3. Produk pipa air panas tersebut juga memiliki ketahanan yang bagus karena dapat digunakan sampai 50 tahun. Selain untuk pemipaan air panas di rumah tangga, pipa tersebut juga dapat digunakan untuk instalasi pemipaan di rumah sakit, perhotelan, dan masih banyak lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih Pipa Air Panas Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel