-->

4 Jenis Layanan Jasa Pengiriman, Mulai dari Dokumen Sampai Ekspres

Seiring dengan berjalannya waktu, jenis layanan yang disediakan oleh jasa pengiriman terus berkembang mengikuti kebutuhan pelanggan.

Sebagai contoh, keberadaan layanan pengiriman ekspres satu hari sampai lahir karena kebutuhan pasar untuk mengirim barang maupun dokumen dalam waktu singkat, meskipun ke luar kota sekalipun.

Apabila saat ini Anda sedang membutuhkan layanan pengiriman, tapi masih bingung harus menggunakan jenis layanan yang apa, ulasan di bawah ini akan bisa Anda gunakan sebagai panduan.

Karena di dalam artikel ini, Anda bisa temukan penjelasan mengenai 4 jenis layanan yang paling umum disediakan oleh jasa pengiriman. Apa saja, ya?

Layanan Kirim Ekonomis

Jasa Pengiriman

Dari namanya saja, Anda tentu sudah bisa menyimpulkan kalau layanan ini merupakan varian layanan yang secara spesifik dikemas dengan harga ekonomis, atau tarif pengiriman yang lebih terjangkau dibandingkan opsi reguler. Meskipun ada embel-embel ekonomis, bukan berarti pelayanannya juga minimalis.

Secara keseluruhan, Anda sebenarnya akan tetap mendapatkan pelayanan yang sama jika dibandingkan dengan menggunakan layanan kirim reguler. 

Hanya saja yang membedakan adalah durasi atau waktu pengiriman yang relatif lebih panjang dibandingkan opsi reguler. Untuk layanan ekonomis, durasi pengirimannya biasanya berkisar antara 2-5 hari.

BACA JUGA

Layanan Kirim Ekspres (Sehari Sampai)

Berkebalikan dari layanan kirim ekonomis, layanan ekspres ini menawarkan opsi bagi Anda yang butuh mengirimkan barang dalam waktu singkat. 

Bergantung pada lokasi asal dan tujuan, layanan pengiriman ekspres ini biasanya menjanjikan pengiriman hanya dalam waktu satu hari saja.

Di beberapa jasa pengiriman, layanan ekspres ini juga dikenal dengan nama one night service atau satu hari sampai.

Karena durasi pengirimannya yang paling singkat, tentu tak mengherankan jika tarif pengirimannya paling mahal dibandingkan jenis layanan yang lain (kecuali pengiriman internasional). 

Dan Anda bisa memanfaatkan dalam kondisi tertentu, misal mengirim barang penting dan mendadak, atau mengirim makanan. 

Layanan Kirim Reguler

Kalau untuk layanan reguler, bisa dibilang kalau ini adalah jenis layanan paling basic yang ditawarkan oleh semua perusahaan jasa pengiriman atau ekspedisi. 

Karena itu, durasi pengirimannya ada di tengah-tengah antara layanan kirim ekonomis dan ekspres, atau biasanya 2-3 hari.

Sedangkan kalau dari segi harga atau tarif pengirimannya sendiri, layanan kirim reguler dibanderol pada kisaran harga umum pasaran, bergantung pada lokasi asal dan tujuan pengiriman. Kalau kebutuhan Anda tidak terlalu mendesak, layanan reguler ini sudah cukup, kok.

Layanan Kirim Internasional

Pada dasarnya, ketiga opsi layanan di atas ditujukan untuk pengiriman domestik atau dalam negeri. Sedangkan untuk pengiriman ke luar negeri, jasa ekspedisi menawarkan opsi layanan yang terpisah atau khusus.

Dan dari segi harga, tentu tarif pengirimannya jauh berbeda dibandingkan tarif pengiriman domestik.

Ada beberapa jasa ekspedisi yang bekerja sama dengan layanan pengiriman internasional untuk pengiriman ke luar negeri dari Indonesia. 

Akan tetapi, ada juga yang melakukannya sendiri seperti Lion Parcel karena Lion Parcel adalah bagian dari Lion Group yang juga memiliki maskapai penerbangan Lion Air. 

Dan di Lion Parcel sendiri Anda bisa mengirimkan barang ke 25 negara dan kota di seluruh dunia, mulai dari negara-negara ASEAN hingga Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru, serta Eropa.

Nah, itu tadi gambaran umum mengenai jenis-jenis layanan yang disediakan oleh jasa pengiriman seperti Lion Parcel. 

Dengan adanya dukungan armada pesawat dari Lion Group, Lion Parcel menjamin pengiriman yang cepat, aman, dan terpercaya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel