-->

11 Fakta Menarik Tentang Bulu Mata yang Jarang Diketahui

Bagi perempuan, bulu mata adalah salah satu unsur penambah kecantikan setelah rambut dan mata. Hanya dengan sedikit melentikkannya, kamu akan tampil beda dan tampak lebih cantik. Tapi ketika kamu mendandaninya tiap hari, mungkin kamu gak tahu banyak fakta tentang bulu mata itu sendiri. Berikut ini 11 hal menarik tentang bulu mata yang kamu harus tahu:

11 Fakta Menarik Tentang Bulu Mata yang Jarang Diketahui


1. Bulu Mata Pasti Rontok Tiap Hari

Bulu mata akan rontok alami hingga 5 helai sehari. Jika lebih dari itu, bisa dipastikan kamu telah memperlakukannya dengan kasar. Jangan sampai ya say! Karena bulu mata butuh waktu antara 1-2 bulan untuk tumbuh dan kembali panjang.

2. Bulu Mata Akan Menipis

Bukan hanya rontok, bulu mata juga menipis sesuai pertambahan usia. Tapi jangan khawatir, jika kamu menjaga asupan vitamin B dengan baik, maka bulu mata cantikmu bisa tetap bertahan kok say.

3. Hanya Tiga Bulan

Bulu mata yang kamu lihat hari ini, akan berbeda dengan yang kamu lihat 3 bulan kemudian. Karena bulu mata hanya memiliki siklus pertumbuhan selama 3 bulan sebelum rontok.

4. Bulu Mata Juga Kutuan

Bukan kutu jahat seperti yang hinggap di rambut lho say! Kutu tersebut tinggal di pangkal bulu mata, yang disebut juga Demodex. Ia akan keluar ketika kamu tidur untuk memakan sel-sel kecil yang terlepas dari bulu mata sehingga sirkulasi tetap berjalan dan menjaga folikel bulu agar tidak tersumbat.

5. Bulu Mata Punya Kelenjar Sendiri

Seperti bulu-bulu lain yang hidup mandiri di tubuhmu, bulu mata juga memiliki kelenjarnya sendiri yang bernama moll dan zeis. Kelenjar ini yang membantu bulu mata agar bisa tumbuh bebas bakteri, dan bekerja sama dengan kutu tadi agar folikel tidak tersumbat.

6. Bulu Mata Juga Perlu Perawatan

Sekalipun bisa bersih alami, bulu mata juga perlu dirawat. Hal ini karena bulu mata terdiri dari kandungan keratin hingga 97 %, yang berarti akan lebih mudah menghasilkan lemak. Bulu mata yang kotor bisa membuat dasarnya ikut kotor. Enaknya, kamu hanya perlu merawat bulu mata dengan menggunakan kapas hangat sehingga kotoran mudah luruh.

7. Bulu Mata Bisa Rusak

Seperti rambut yang akan rusak folikelnya jika tercabut, dan mengalami patahan, bulu mata pun demikian. Hal ini umum terjadi ketika kamu mengeritingnya, mengaplikasikan penjepit bulu mata dengan salah, dan mengoles maskara yang buruk.

8. Bulu Mata Atas dan Bawah Beda Ukuran

Bulu mata atas akan terlihat lebih panjang dan padat dibanding yang bawah. Umumnya bagian atas bulu mata mencapai 200 helai, dan bagian bawah hanya setengahnya.

9. Panjang Pendek Bulu Mata Tidak Beraturan

Setiap orang akan memiliki bulu mata dengan panjang yang tidak beraturan. Biasanya terlihat lebih panjang di tengah, dan lebih pendek di sisi-sisi mata.

10. Panjang Bulu Mata Kurang dari 1 cm

Rata-rata bulu mata yang tumbuh hanya sekitar 10 milimeter. Namun, ada juga yang pernah menumbuhkan bulu matanya hingga nyaris 7 cm dalam waktu 15 tahun.

11. Mamalia Juga Punya Bulu Mata

Satu-satunya hewan yang memiliki bulu mata dan memfungsikannya dengan baik serupa manusia adalah mamalia. Makanya adakalanya kuda bisa terlihat sangat cantik jika mengedipkan mata.

Mulai sekarang, lebih sayangi bulu matamu ya say!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel