12 Tips Bagi Penderita Insomnia Supaya tidur Nyenyak

Seneng deh kalau ada orang-orang dateng ke saya dan mempercayakan kisah hidupnya untuk dibagi ke saya, ada yang cerita sedih, ada yang seneng, ada yg minta masukan, seneng2 aja sih, tapi yg bikin saya nggak seneng kalau mereka ceritanya ke saya malem2 banget, ato bahkan pagi2 buta banget..Maan.. Insomnia jangan ngajak2 please.. Nahnahnah.. saya kasih tips nih bagi yang merasa :P.. Kalau anda insomnia juga.. Yaudah.. ikut membaca sajah.. Selamat mengintip ya..

12 Tips Bagi Penderita Insomnia Supaya tidur Nyenyak

1, Tentukan berapa jam yang anda perlukan untuk beristirahat, rencanakan tidur anda
Kalau menurut anda 5 jam sudah cukup ya  tidak apa-apa, tidak harus sama seperti kebanyakan orang kok, cara menentukannya yaitu dengan melihat berapa lama anda tidur (misalnya tidur siang) waktu akhir pekan

2.Hitunglah waktu untuk tidur yang memungkinkan anda bisa bangun dan bersiap di pagi hari. Misal nih bangun pukul 5 pagi untuk bersiap ke kantor, hitung mundur 5 jam kebelakang. Berarti anda semaksimal mungkin bersiap tidur pukul 11 (karena jam 12 sudah harus tidur)

3. Berusaha bangun seperti biasa. Baik malam sebelumnya cukup tidur atau tidak, Jangan memperlama tidur dipagi hari. Minta bantuan keluargam teman, atau alarm.

4. Tahan keinginan untuk tidur di siang hari walau sangat mengantuk sekalipun, karena jika anda tidur pagi/siang hari sebagai balas dendam, anda akan membuat diri anda sendiri malah semakin insomnia

5. Batasi konsumsi kafein. Jangan minum kopi atau apapun yang mengandung kafein sekitar pukul 17.00-18.00. Karena kafein yang bekerja di sore hari akan berdampak pada jam tidur anda

6. Lakukan ritual sebelum tidur, seperti mandi, membaca komik, minum susu. Bersantailah dan dengarkan musik yang nyaman

7. Jika merasa tegang, konsumsi teh chamomile, dengarkan musik lembut, bakar lilin aromaterapi, berendamlah di busa lembut, atau jika perlu hubungi dokter untuk melatonin yang merupakan hormon tambahan yang aman dikonsumsi untuk membantu proses tidur

8. Hidari alkohol juga obat-obatan untuk memudahkan tertidur. Walau anda nantinya akan bisa tertidur, anda akan terbangun dengan tubuh yang tidak karuan rasanya.

9. Jika anda tidak bisa tidur karena memikirkan sesuatu atau permasalah hidup anda, bangunlah sejenak dan lakukan sesuatu untuk menyibukkan diri. Misal memasak, melipat pakaian, menulis puisi dll. Pikiran anda akan segera reda

10. Bangunlah pada waktu yang ditentukan tidak peduli seberapa lelah anda karena kurang tidur.

11. Jangan putus asa untuk mengembalikan pola tidur normal anda, poin-poin diatas akan efektif jika dilakukan dengan disiplin

12. Lakukan jadwal yang telah anda rancang,di akhir pekan sekalipun

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Tips Bagi Penderita Insomnia Supaya tidur Nyenyak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel