3 Tips Agar Game Kamu Punya Kesempatan Masuk Featured Apps App Store

3 Tips Agar Game Kamu Punya Kesempatan Masuk Featured Apps App Store - Di dalam dunia mobile game, mendapatkan tempat di antara featured apps atau game di Apple App Store adalah bagaikan mendapat durian runtuh. Setiap developer tentunya bermimpi untuk mendapatkan hasil karya mereka bertengger di antara game-game top dunia lainnya. Tapi bagaimana caranya? Itu yang masih diperdebatkan.

3 Tips Agar Game Kamu Punya Kesempatan Masuk Featured Apps App Store


Dari blog developer bernama Flow Studio Games, mereka membagikan ilmu yang mereka dapatkan dari sebuah seminar bertajuk “Inside The Apple App Store”. Seminar ini dibawakan oleh Matt Monday, yang pernah menjadi anggota tim editorial App Store.

Apa saja tipsnya agar game kamu masuk ke dalam featured games? Ini rangkumannya:

1. Buatlah App yang Bagus

Mungkin kamu sudah bosan mendengarnya, tapi apa makna sesungguhnya dari kalimat tersebut? Bukan hanya tentang membuat app tersebut terlihat bagus, tapi seperti yang dikatakan almarhum Steve Jobs,”Bukan itu yang kita maksud dengan desain. Bukan tentang bagaimana ia terlihat dan terasa. Desain adalah bagaimana ia bekerja.” Jadi, daripada fokus dengan desain grafis, lebih fokuslah kepada desain pengalaman (experience design).

Desainer Apple juga telah membuat berbagai peraturan dan best practices, maka ikutilah. Semakin banyak yang kamu ikuti, maka semakin besar pula kemungkinan game kamu dilirik. Jangan lupa pula untuk selalu update terhadap fitur-fitur terkini dari iOS dan Apple (OS atau perangkat baru). Lebih baik fokus kepada meng-update fitur terbaru daripada membuat dukungan untuk versi lama.

2. Komunikasikan Sejak Awal

Michale Ehrenberg, seorang manajer marketing dari App Store, dalam sebuah acara mengatakan hal dengan topik sama dengan Matt. Mereka mengonfirmasi bahwa pemilihan featured dilakukan secara manual. “Itu 100% dipilih tangan.” ujar Ehrenberg. Tim editorial melihat dari “opinion leader“, membaca forum-forum, mengunjungi situs-situs teknologi dan game, serta melihat hasil kompetisi-kompetisi seperti Indiecade atau IMGA.

Maksud dari mengomunikasikan sejak awal adalah membangun pengetahuan tentang game tersebut jauh sebelum diluncurkan. Kamu dapat menghubungi Apple Developer Relations dan menunjukkan prototipe dari game kamu sedini mungkin. Tunjukkan lagi saat akan diluncurkan agar tim dari Apple dapat mengoordinasikan peluncuran yang terkoordinasi. Kamu harus menunjukkan game beberapa minggu sebelum diluncurkan, bukan dalam hitungan hari.

Untuk menghubungi mereka, kamu bisa menuju WWDC dan chatting dengan pihak Apple. Melakukan networking dengan developer yang sudah mapan di iOS juga dapat membantu, karena mereka mungkin sudah memiliki kontak tersendiri.

3. Bagaimana Proses Seleksinya?

Tim editorial sebisa mungkin tidak berhubungan dengan para developer, untuk menghindari terpengaruh. Kamu bisa saja mencapai mereka melalui relations manager developer lokal yang dapat menominasikan game kamu kepada mereka. Cara lain, kamu harus benar-benar menonjol dari yang lain.

Proses seleksi dilakukan dengan cara manual. Para editor memeriksa semua sumber dan memilih apa yang baru, baru di-update atau pantas untuk diperhatikan. Semua app tersebut dikumpulkan berupa icon-icon. Lalu para editor tersebut memangkas daftarnya. Cukup dilihat dari icon dan nama, mereka menghapus semua icon yang tidak sesuai dengan kualitas Apple.

Selanjutnya mereka menyeleksi dari screenshot. Grafik yang buruk, UI yang berantakan, pengejaan yang salah, dan faktor-faktor lainnya yang bisa membuat sebuah app dilempar dari kandidat featured. Lalu seleksi dilanjutkan dengan melihat deskripsi app. Apakah teksnya jelas? Apakah penjelasannya langsung menjelaskan nilai dari app tersebut kepada pengguna? Jika tidak, maka langsung dihapus.

Lalu track record developer yang dilihat. Tim App Store memiliki tim yang terdiri dari tim global dan regional yang memilih sesuai dengan konten yang relevan dengan daerahnya. Jangan lupa juga dengan event-event tahunan seperti Idul Fitri, Natal, dan Halloween. Beritahukan kepada Apple bahwa kamu memiliki promosi terkait event tersebut satu bulan sebelumnya.

Itulah beberapa tips untuk masuk ke dalam daftar featured di App Store. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu punya pengalaman sendiri? Yuk share!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Tips Agar Game Kamu Punya Kesempatan Masuk Featured Apps App Store"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel