4 Jenis Alat Musik Yang Perlu Kamu Tahu

Peralatan & instrumen musik merupakan sebuah kebutuhan dasar yang wajib dimiliki oleh para musisi yang ingin terjun ke dalam dunia musik. Hal ini dikarenakan, kehadiran instrumen musik sangat penting untuk menunjang performa para musisi baik pada saat berlatih maupun saat berada di atas panggung.

4 Jenis Alat Musik Yang Perlu Kamu Tahu

Instrumen musik sendiri merupakan beberapa alat musik yang diciptakan oleh produsen alat musik dan dimainkan para musisi untuk menghasilkan alunan suara yang indah serta dapat dinikmati oleh pendengarnya. Berdasarkan cara memainkannya, alat musik yang dimainkan oleh para musisi dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

Alat Musik Tiup

Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup agar menghasilkan suara sesuai dengan nada yang diinginkan. Sementara berdasarkan sumber bunyinya, alat musik tiup termasuk jenis aerofon yang berarti sumber bunyi alat musik ini berasal dari hembusan udara. Alat musik yang termasuk pada jenis ini adalah saxophone, suling, klarinet, harmonika, dan sebagainya.

Alat Musik Gesek

Peralatan musik ini baru bisa mengeluarkan suara saat dawai pada alat musik ini digesek sehingga menghasilkan nada yang diinginkan. Tinggi atau rendahnya nada yang dihasilkan juga bergantung panjang atau pendeknya dawai dari alat musik gesek. Sementara berdasarkan sumber bunyinya, alat musik gesek termasuk pada jenis kordofon yang berarti sumber bunyi alat musik ini mengandalkan dawai. Sebagai contoh peralatan musik gesek adalah biola, sitar, kecapi, dan sebagainya.

Alat Musik Pukul

Alat musik ini baru mengeluarkan suara jika penggunanya memukul atau menabuh bagian tertentu dari peralatan musik ini. Peralatan musik ini dibagi menjadi 2 macam yaitu bernada dan tidak bernada, sebagai contohnya kolintang merupakan jenis musik pukul bernada sementara drum dan bongo merupakan jenis musik pukul yang tidak bernada.

Alat Musik Petik

Peralatan musik satu ini baru menghasilkan suara jika senar yang ada pada permukaannya dipetik oleh penggunanya. Tinggi dan rendahnya nada yang dihasilkan oleh alat musik petik ini bergantung pada panjang pendeknya dawai. Sebagai contoh alat musik petik yang sering kita jumpai adalah gitar, bass, sitar, dan sebagainya.

Keempat instrumen musik tersebut dapat Anda kenali dengan mudah karena bentuknya yang berbeda-beda dan memiliki ciri khas pada masing-masing alat musik ini. Seorang musisi ternama tidak selalu menguasai permainan keempat alat musik tersebut, melainkan ia memiliki keahlian dalam memainkan salah satu alat musik dan terus konsisten memainkannya pada saat pentas di berbagai acara maupun di atas panggung.

Selain instrumen peralatan & instrumen musik, biasanya para musisi memiliki peralatan lain yang digunakan untuk mendampingi permainannya agar lebih maksimal, sebagai contohnya adalah amplifier, effect, dan digital recording. Apabila kamu menginginkan permainan sekelas professional, tidak ada salahnya membeli peralatan tersebut untuk mengimbangi permainan alat musik yang dikuasai. Dengan demikian, permainan alat musik menjadi semakin seru dan menarik, kan?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Jenis Alat Musik Yang Perlu Kamu Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel