4 Tips yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Playtest

Sebuah game yang baik biasanya dihasilkan melalui puluhan bahkan ratusan kali playtest. Playtest adalah suatu momen ketika game yang sedang dikembangkan di uji cobakan untuk dimainkan sebelum benar-benar dirilis. Playtest bisa banyak menghasilkan gagasan-gagasan baru untuk memperbaiki permainanmu agar semakin nyaman untuk dimainkan. Perlu diperhatikan bahwa playtest juga tidak sembarangan dijalankan, jika asal-asalan bisa membuat permainanmu tidak berkembang.

Berikut 4 tips yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan playtest terhadap game yang sedang kamu kembangkan :

4 Tips yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Playtest


1. Membuat game itu bukan untuk diri sendiri

Kamu mungkin seorang game designer dan kamulah yang menciptakan ide, konsep, tema serta mekanisme permainan yang kamu buat. Karena kamu yang menciptakan permainan, bukan berarti kamu tau segala-galanya tentang game yang kamu buat sendiri. Dengan playtest kamu juga bisa menilai sampai mana batas kemampuanmu. Dan ingat, kamu membuat game bukan untuk diri sendiri, coba renungkan apa yang orang akan rasakan ketika memainkan game yang kamu buat.

2. Tulis semua masukan

Tentu kamu akan meminta pendapat atau masukan dari orang-orang yang telah memainkan game kamu. Terkadang playtester (sebutan untuk orang yang melakukan playtest), akan secara spontan memberikan komentarnya dan kamu juga akan menanggapinya secara spontan. Lalu kamu percaya diri karena merasa ingat apa yang mereka katakan. Jangan lakukan hal itu, sangat bijak kalau kamu menulis semua masukan-masukan dari para playtester. Hal ini juga untuk menghindari ‘lupa’ akan hal-hal kecil tapi penting dari pendapat mereka. Lagipula, pasti akan tetap berguna juga dikemudian hari.

3. Jangan pernah berasumsi.

“Saya setuju dan sempat berfikir seperti itu, namun sepertinya tidak cocok untuk game saya”.
Ketika playtester memberikan komentar atau masukannya, janganlah cepat berasumsi kamu pernah mempraktekkan masukan mereka jika memang belum pernah dipraktekkan. Tidak ada salahnya mencoba, mencoba lebih baik dari pada hanya berasumsi.

4. Semua orang belum tentu benar.

Semua orang bebas berpendapat dan kamu sebagai game designer tentu tau betul kemana arah game kamu mau dikembangkan. Disitulah kamu juga memberikan batasan sebagai arahan agar game dapat berkembang sesuai yang kamu inginkan. Bukan berarti semua masukan bisa diambil mentah-mentah dan dapat diterapkan kedalam permainanmu. Jika ada masukan yang melanggar batasan-batasan yang telah kamu buat kamu boleh menghiraukan masukan itu, namun berikan juga tanggapan atas masukannya agar mereka tidak berkecil hati. Bukankah tujuan dari playtest itu untuk mendapatkan masukan sebanyak-banyaknya?

Ayo, jangan malu-malu mengajak orang untuk mencoba permainanmu sebelum benar-benar dirilis. Ciptakan lebih banyak lagi game-game Indonesia dan perkaya konten lokal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Tips yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Playtest"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel