-->

Ini nih Rahasia Sehat Agar Hidup Lebih Lama

Semua orang pasti akan bertambah tua seiring berjalannya waktu. Namun, ketakutan akan bertambah tua membuat banyak orang mencari berbagai cara, termasuk suntik hormon. Berikut upaya alami agar tidak cepat menua dan bisa hidup lebih lama, seperti dikutip WebMD.

Ini nih Rahasia Sehat Agar Hidup Lebih Lama

1. Lindungi DNA

Di masa sekarang, ujung kromosom dalam tubuh manusia, disebut telomere, relatif lebih pendek menjadikan banyak orang sekarang relatif lebih mudah sakit. Anda mungkin berpikir, tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk menanggulanginya, tetapi banyak riset membuktikan sebaliknya. Di sebuah studi, mengubah pola hidup memicu enzim yang meningkatkan panjang telemere. Studi lain juga membuktikan, diet dan olah raga bisa melindungi telomere. Jelas, kebiasaan baik bisa menunda datangnya penuaan di level sel.

2. Lebih teliti

Studi di tahun 80-menemukan bahwa salah satu prediktor terbaik dari kehidupan yang panjang adalah kepribadian yang teliti. Peneliti mengukur perhatian terhadap detail dan ketekunan. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang teliti melakukan lebih banyak upaya untuk melindungi kesehatan diri dan membuat pilihan yang mengarah pada hubungan yang lebih kuat dan karier yang lebih baik.

3. Cari teman

Ilmu pengetahuan memberi alasan lain agar Anda mensyukuri pertemanan Anda karena mereka membuat hidup lebih panjang. Peneliti asal Australia menemukan sebuah kelompok lansia lebih sedikit yang meninggal dibandingkan dengan orang yang cuma punya sedikit teman. Analisis dari 148 penelitian lain mendukung hubungan antara pertemanan sosial dengan umur panjang.

4. Pilih teman secara bijak

Kebiasaan teman mungkin bisa memengaruhi kehidupan Anda. Jadi, cari teman yang mengadopsi gaya hidup sehat. Studi mengindikasikan, kemungkinan Anda menjadi obese naik hingga 57 persen, jika Anda punya temen yang juga obese. Merokok adalah kebiasaan yang bisa menyebar di lingkungan kelompok sosial. Berita baiknya, seorang berhenti merokok, bisa memengaruhi yang lainnya.

5. Tidur siang

Karena arus modernisasi, budaya tidur siang sudah ditinggalkan banyak orang. Padahal, tidur siang bisa membuat hidup lebih panjang. Studi terbaru dengan 24.000 responden menghasilkan bahwa orang yang rutin tidur siang 37 persen lebih sedikit yang meninggal akibat serangan  jantung. Para ahli juga menyakini bahwa tidur siang membantu menurunkan hormon stres.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel