-->

Kenali Motif Batik dan Ungkap Makna Dibaliknya!

Model batik - Sebagai kain warisan budaya yang tetap abadi dan melegenda, batik memang memiliki kedekatan di hati para penggunanya. Berbagai kalangan baik tua maupun muda semuanya senang mengenakan batik lantaran kain satu ini menyediakan ragam model yang begitu menarik.

Kenali Motif Batik dan Ungkap Makna Dibaliknya!

Namun, bagi para pecinta batik sejati, model-model batik tersebut memiliki nilai filosofis yang begitu dalam dan patut direnungkan sebelum memakainya. Penasaran dengan ragam motif kain batik dan makna yang tersirat di dalamnya?

Ragam model batik dan makna tersiratnya

1. Motif Sido Luhur

Motif kain batik satu ini berasal dari daerah Keraton Surakarta. Kain motif Sido Luhur ini dinilai sebagai busana istimewa lantaran tergolong jenis batik Keraton. Motif batik Sido Luhur banyak dikenakan pada acara Temanten Putri (malam pengantin). Kain warisan budaya ini mengandung makna keluhuran budi, ucapan, maupun tindakan.

2. Motif Sido Asih

Selain terkenal dengan motif kain batik Sido Luhur, Keraton Surakarta juga masih menyimpan motif batik unik berikutnya yakni motif Sido Asih yang sama-sama digunakan pada saat malam pengantin. Motif batik Sido Asih ini juga memiliki makna yang tak kalah dalam yakni memberikan rasa kasih sayang agar rumah tangga selalu damai dan tentram.

3.  Motif Semen Rante

Bila jalan-jalan ke kota Yogyakarta, Anda akan sering menyaksikan para utusan keraton mengunakan batik satu ini. Ya, motif batik Semen Rante ini banyak digunakan oleh para utusan yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Batik Semen Rante ini memiliki makna panah mengena dan mengikat.

4. Motif batik Slobog

Dalam bahasa Jawa, Slobog juga berarti lobok atau longgar.  Hal ini sejalan dengan makna motif kain batik Slobog yaitu tetap lapang hatinya saat menerima ujian dari Yang Maha Kuasa. Motif kain batik satu ini biasanya sering digunakan oleh para anggota keluarga yang baru saja ditinggal mati oleh sanak familinya untuk menggambarkan ketabahan yang ia miliki.

Sudahkah Anda mengenali filosofi yang terkandung dibalik keindahan warna dan motif kain batik yang dimiliki? Yuk, segera cari tahu tentang filosofi kain batik yang Anda miliki sekarang juga!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel