Tips Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak Orang Tua Wajib Baca

Tips Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak - Game memang dapat memberikan dampak positif kepada para pemainnya. Sayangnya masih banyak yang menganggap game membawa dampak buruk. Dampak buruk tersebut dikarenakan adanya yang mengalami kecanduan bermain game, sehingga banyak yang menganggap bahwa game memberikan efek kecanduan. Padahal pada dasarnya manusia bisa saja mengalami kecanduan terhadap berbagai hal, dan tentu saja segala hal yang berlebihan sangatlah tidak baik.

Tips Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak Orang Tua Wajib Baca


Kecanduan makanan, kecanduan minuman, dan berbagai macam kecanduan memang tidaklah baik, termasuk kecanduan bermain game. Anak-anak terkadang mudah mengalami kecanduan game. Orang tua mungkin terkadang sulit untuk mengatasi kecanduan game pada anak-anak.

Eko Nugroho (mas Eko), Co-founder Kummara mengatakan bahwa salah satu cara mengatasi kecanduan adalah meminta bantuan seorang psikolog terlebih dahulu, tetapi orang tua tetap bisa melakukan tips-tips berikut yang disampaikan juga oleh mas Eko, untuk mencegah anak-anak kecanduan game. Apa saja itu? Yuk kita simak!

1. Cari Tahu Apa Yang Dimainkan oleh Anak

Orang tua terkadang tidak memperhatikan dengan detil apa yang dimainkan oleh anaknya. Padahal apapun yang dimainkan oleh anak pasti akan memiliki dampak kepada anak. Oleh karena itu sebagai orang tua, kita harus mau terlibat aktif, mencoba untuk main dan juga harus mau tahu tentang game apa yang dimainkan.

2. Bangun Kultur Main yang Sehat

Mas Eko mengatakan rumus untuk membangun kultur main yang sehat, briefing-playing-debriefing. Briefing berdiskusi sebelum main, saling berkomunikasi ketika akan bermain dan sebagai orang tua kita perlu menjelaskan kepada anak-anak apa yang sedang kita mainkan, apa manfaatnya untuk kita dan yang pastinya mengingatkan bahwa hal itu hanya sekedar game. Setelah itu bermain (playing), lalu debriefing, kembali berdiskusi setelah main dan melakukan evaluasi apa saja yang telah dimainkan dan apa yang dipelajari dari game tersebut.

3. Upayakan Untuk Bermain Bersama (Multiplayer)

Hal yang sering dilupakan oleh orang tua adalah bermain bersama anak. Bermain bersama selain bisa mengawasi anak bermain, kita juga bisa lebih akrab dan lebih dekat kepada anak. Pilihlah game yang tepat yang bisa diterima oleh semua umur. Banyak game yang dapat dimainkan bersama-sama. Tidak hanya bermain video game, kita juga bisa memilih berbagai jenis board game yang pada umumnya memaksa kita untuk bermain bersama-sama.

4. Motivasi Anak Untuk Juga Membuat Game Sendiri

Kecintaan sang anak kepada game, mungkin sudah terlalu tinggi sehingga menyebabkan kecanduan. Hal ini bisa diarahkan ke jalur yang lebih positif, yaitu memotivasi sang anak untuk bisa mendesain game-nya sendiri. Selain sang anak bisa berkreasi dan melatih kreatifitas, dari kecil sang anak sudah bisa diajar untuk bisa produktif. Kamu juga bisa membaca Playspace, segmen desain game.

Apapun bentuknya, kecanduan memang adalah hal yang tidak baik. Hanya saja, kita bisa mengambil tindakan pencegahan, setidaknya hal yang tidak baik tersebut bisa kita arahkan kepada jalur yang lebih positif dibanding berusaha menghilangkannya yang mungkin lebih banyak memakan waktu dan biaya.

Menurut teman-teman gamer, apa sisi positif yang bisa diambil dari game untuk anak? Yuk share!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak Orang Tua Wajib Baca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel