Contoh yang Baik Ajarkan Anak Tanggung Jawab

Yang dimaksud dengan minat adalah hal-hal yang menjadi aktivitas pilihan atau kesukaannya anak-anak. Setiap anak punya minat yang berbeda-beda. Ada yang memilih musik, olahraga, seni, dan lainnya.

Contoh yang Baik Ajarkan Anak Tanggung Jawab

Sebagai orangtua, Anda pasti senang dengan pilihan aktivitas kesukaan anak Anda karena bersifat positif. Namun, terkadang anak-anak belum bisa menentukan minatnya dengan pasti. Semua bidang ingin dicobanya sampai ia menemukan minat yang paling ia suka.

Dalam proses ini, Anda bisa membantu si buah hati untuk menemukan minatnya yang tepat. Caranya dengan mengobservasi hal-hal yang disukai si anak. Selain itu, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk bertanggung jawab terhadap minat yang dipilihnya.

Menurut psikolog klinis Mellissa Grace, M.Psi, orangtua bisa mengarahkan anak dengan memberi contoh yang baik agar anak bisa belajar disiplin dan bertanggung jawab pada minatnya. “Karena anak belajar bukan dari apa yang didengarnya, tapi anak menyerap dari apa yang dilihatnya. Orangtua harus menunjukkan komitmennya, misalnya komitmen janji. Kalau orangtua sudah berjanji mau menemani anaknya, orangtua harus menepatinya,” jelas Mellissa yang juga seorang publik figur.

Baca Juga : Cari Susu untuk Bayi Prematur? Gunakan susu Enfamil

Anak juga perlu diberikan value atau tujuan tentang minat yang disukainya. Misalnya, apabila si anak ikut les gitar, orangtua bisa memberikan value tentang apa yang bisa ia dapat dari les tersebut di masa depan. Orangtua juga perlu menambah wawasan supaya orangtua bisa menstimulasi minat si anak secara optimal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh yang Baik Ajarkan Anak Tanggung Jawab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel