CARA MEMPERBAIKI GENSET

Pada kegiatan industri sangat penting memiliki genset sebagai alternatif cadangan listrik apabila terjadi pemadaman listrik, agar tidak menggangu kegiatan operasional industri. 

CARA MEMPERBAIKI GENSET

Terkadangpemakaian genset menemukan kendala atau beberapa kerusakan. Contoh beberapa kerusakan yang sering terjadi adalah mesin genset tidak beroperasi dengan normal, diode penyearah (rotating rectifier), kerusakan AVR Genset

Berikut ini cara memperbaiki kerusakan tersebut :

1. Mesin genset tidak beroperasi dengan normal 

Nyalakan terlebih dahulu mesin penggerak dari genset tersebut, pastikan putaran mesin sudah normal dengan kecepatan 1500 rpm. Jika putaran masih kurang, naikan putaran mesin sampai didapat kecepatan normal.

2. Diode penyearah (rotating rectifier)

Periksa dan pastikan kabel-kabel pada diode tersebut dalam keadaan bagus dan terhubung dengan baik. Kemungkinan diode ada yang rusak atau jebol, periksa diode yag terdapat pada rotating recitifer. Buka satu persatu diode tersebut, kemudian ukur diode dengan menggunakan Ohmmeter atau multitester untuk mengukutr tahanan Ohm. Jika diode ada yang rusak atau jebol, lakukan penggantian dioda, dan pastikan tipe diode yang diganti harus sama dengan tipe diode yang rusak.

Setelah sudah dipastikan diode bagus dan terpasang dengan benar, maka nyalakan genset lalu ukur kembali tegangan dari genset tersebut. Jika tegangan genset sudah keluar sampai ke instalasi listrik, maka masalah sudah dapat diatasi, namun jika genset tidak keluar juga tegangannya, lanjut ke langkah berikutnya.

3. Kerusakan AVR Genset

Lakukan pemeriksaan saat keadaan genset tidak beroperasi. Pada AVR, terdapat pengaman saat terjasi Over current dari exciter, pengaman ini akan terputus saat terjadi arus lebih untuk mengamankan AVR dari kerusakan yang lebih fatal. periksa pengaman, sistem pengaman pada AVR dapat berupa sekring, MCB, atau jenis pemutus otomatis lainnya.

Lakukan perbaikan atau penggantian jika pengaman ini rusak atau putus, atau reset pengaman agar terhubung kembali (untuk tipe otomatis). Terminal untuk pengaman exciter pada AVR biasanya memiliki simbol K1 dan K2. Jika pengaman pada AVR sudah dipastikan terhubung dengan baik, maka kemungkinan penyebab lainnya adalah AVR tersebut rusak atau gulungan exciter tidak keluar tegangan.

Memang saat ini genset menjadi kebutuhan yang cukup penting, jika belum bisa membeli genset anda juga bisa memutuskan untuk menyewanya. Pastikan menyewa ditempat penyewaan yang memiliki tim ahli dan juga memiliki genset yang baik, seperti di https://sewatama.com/di-sini-tempat-rental-genset-murah/ yang memiliki genset-genset berkualitas dan tentunya Sumberdaya sewatama yang professional.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MEMPERBAIKI GENSET"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel