-->

Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dari antioksidan sudah cukup populer dikalangan medis untuk mencegah dan mengatasi penyakit kanker yang menggerogoti tubuh. 

Selain itu, antioksidan juga sangat bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan, tapi bermanfaat juga untuk bagian luar tubuh Anda seperti kulit. 

Mengingat kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi seseorang, maka tidak heran jika manusia terus mencari tahu mengenai Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan Tubuh ini.

Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan Tubuh

Antioksidan telah banyak digunakan karena manfaat yang diberikan memang sangatlah banyak, mulai dari berbagai jenis bahan pangan, yang banyak akan kandungan antioksidan yang dipromosikan sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. 

Sebagai orang awam, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu antioksidan demi mendapatkan manfaat yang dikandungnya.

Baca Juga : Asal Bakteri Jahat yang Bersarang Dalam Tubuh Manusia

Apa Itu Antioksidan

Antioksidan adalah semacam zat yang dapat digunakan untuk melindungi sel-sel tubuh terhadap efek buruk radikal bebas. 

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi oleh tubuh ketika tubuh mendapatkan paparan dari lingkungan yang tidak sehat atau dari makanan yang tidak sehat. 

Radikal bebas ini dapat merusak sel tubuh Anda, dan mungkin saja dapat memainkan peran penting dalam memunculkan penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, alzheimer, dan penyakit berbahaya lainnya. 

Penelitian pun menunjukkan bahwa zat antioksidan sangatlah efektif dalam mencegah penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Berikut Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan Tubuh

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah satu satu “virus” yang dapat membuat sel-sel dalam tubuh Anda menjadi rusak dan salah satu faktor terbesar dari penyebab munculnya kanker. 

Kerusakan dari sel-sel tubuh tidak hanya dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang berbahaya, melainkan dapat juga memberikan efek negatif bagi kulit, wajah, dan area lainnya pada tubuh Anda.

Radikal bebas sangatlah berbahaya, tidak hanya dapat merusak sel, namun radikal bebas juga merusak struktur tubuh Anda karena ia mempengaruhi sel-sel tubuh yang masih sehat. 

Manfaat dari antioksidan disini adalah menangkal radikal bebas untuk masuk ke dalam tubuh Anda dan melawannya sehingga tidak menyebabkan kerusakan yang berarti pada tubuh Anda.

Mencegah Berbagai Macam Penyakit Mematikan

Antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan dengan cara membersihkan radikal bebas yang terdapat dalam aliran darah. 

Selain itu, antioksidan juga sangat efektif untuk menjadi pencegah munculnya penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti:

Kanker

Penyakit kardiovaskular

Gangguan kognitif

Disfungsi kekebalan tubuh

Katarak

Alzheimer

Membantu Mencegah Penuaan Dini

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat dari antioksidan mampu untuk mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini dengan meminimalkan munculnya keriput dan menjaga tekstur kulit tetap halus.

Mencegah Kerusakan Sel Tubuh

Antioksidan memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan sel dalam tubuh agar tubuh tetap sehat dan tidak mengalami masalah dalam tubuh. 

Kerusakan sel-sel tubuh sangatlah mematikan, dalam jangka waktu yang lama akan menurunkan kebugaran tubuh Anda dan mendatangkan segala jenis penyakit mematikan seperti kanker.

Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan membantu kulit dalam hal menangkal dan membuang radikal bebas serta bakteri dari kulit yang disebabkan oleh polusi dan sengatan sinar matahari.

Sumber Terbesar Antioksidan

Antioksidan banyak terkandung dalam sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian segar. Buah dan sayuran yang berwarna terang seperti blueberry ungu, jagung kuning, tomat merah, dan wortel, kaya akan kandungan antioksidannya. 

Sejumlah mineral, vitamin, dan senyawa lainnya dalam makanana dapat memiliki sifat antioksidan. Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E yang paling terkenal seperti beta karoten, likopen dan selenium. Berikut ini beberapa makanan yang banyak mengandung antioksidan, meliputi:

Wortel

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, sawi dan bayam

Beri-berian, seperti strawberry dan anggur

Teh hijau

Buah jeruk

Apel dan pir

Nah antioksidan yang berbeda-beda jenis memiliki manfaat yang berbeda pula bagi bagian tubuh yang berbeda. Misalnya pada beta karoten, ditemukan dalam wortel dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata. 

Likopen yang ditemukan dalam tomat dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan prostat. Flavonoid yang ditemukan terkandung dalam teh, coklat, dan kakao bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda. 

Untuk itulah diperlukannya asupan nutrisi dari makanan yang seimbang setiap harinya, dan hindarilah untuk mengkonsumsi makanan yang sama pada hari yang sama pula demi memaksimalkan asupan nutrisi yang tubuh Anda terima.

Nah itu dia Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan Tubuh yang informasinya dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh secara baik dan benar. Jika Manfaat Antioksidan ini bermanfaat bagi Anda, silahkan di share ya…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel