-->

Syarat Menggunakan Jasa Pengiriman Terdekat Yang Perlu Diketahui

Jasa pengiriman terdekat kini menjadi salah satu hal yang banyak dicari oleh kebanyakan orang.

Banyaknya bisnis online kini juga sudah menjadi sumber mata pencaharian sebagian masyarakat sehingga banyak juga yang membutuhkan jasa atau ekspedisi pengiriman barang.

Jasa pengiriman ini tentunya akan digunakan untuk mengirimkan barang ke konsumen yang membeli barang dagangan si penjual produk. 

Namun barang yang dikirimkan tidak boleh asal-asalan atau sembarangan barang bisa dikirim melalui jasa ekspedisi.

Syarat Mengirim Barang Jika Menggunakan Jasa Pengiriman Terdekat

Jasa Pengiriman

Kamu sebagai konsumen maupun pebisnis jika belum mengetahui secara detail bagaimana persyaratan atau kriteria barang yang bisa dikirimkan melalui pihak ekspedisi tentunya harus mengetahuinya. 

Di bawah ini adalah beberapa informasi bagaimana kriteria barang yang bisa dikirimkan melalui layanan atau jasa pengiriman.

1. Barang Harus Dibungkus

Barang yang akan dikirimkan melalui jasa pengiriman terdekat harus dibungkus dan pengepakan barang harus disusun secara sempurna agar bisa menarik konsumen atau menunjukkan brand perusahaan. 

Selain itu agar bisa juga menampilkan kerapian dan keunikan serta keamanan yang terdapat pada produk.

Terkadang pengemasan atau pembungkusan yang kurang sempurna kadang bisa menimbulkan beberapa kerugian. 

Di mana menjadi tanggung jawab pebisnis sendiri atau bisa juga malah menjadi tanggung jawab jasa ekspedisinya. Hal itu dikarenakan kekurangan dalam proses pengemasan atau pembungkusan tersebut.

2. Kejelasan Isi Barang

Pengirim harus memberitahukan apa isi produk yang dikirim melalui jasa pengiriman terdekat. Tujuan dari hal ini adalah agar pihak pengirim mampu memberikan penjagaan secara lebih ketat. 

Oleh karena itu jangan lupa untuk memberi tahu kepada pihak ekspedisi apa isi dari barang yang akan kamu kirimkan tersebut. 

Dan agar pihak jasa pengiriman juga mampu memperkirakan berapa biaya yang perlu kamu bayar untuk pengiriman barang tersebut.

3. Bukti Tanda Barang yang Dikirim

Harus terdapat bukti tanda barang yan akan dikirimkan. Maksud dari tanda bukti ini adalah sebuah tanda bukti pelunasan untuk jumlah biaya pembayaran tunai atau adanya sebuah alat penagihan jika pembayaran dilakukan secara kredit atau menggunakan sistem COD.

4. Pembayaran Harus Jelas

Jika barang yang dikirim oleh jasa pengiriman terdekat dibayar langsung pada saat paket sudah diterima oleh konsumen tentu bisa saja. 

Namun terlebih dahulu pihak pengirim paket harus membayarkan barang terlebih dahulu pada pihak ekspedisi.

Tujuannya adalah agar barang yang akan dikirimkan segera bisa diberangkatkan oleh pihak pengirim. Jika pihak pengirim tidak membayar terlebih dahulu tentu bisa saja pengiriman barang dilakukan. 

Namun itu hanya dikhususkan untuk pelanggan prioritas dengan pembayaran menggunakan sistem kartu kredit.

Baca Juga : 4 Jenis Layanan Jasa Pengiriman, Mulai dari Dokumen Sampai Ekspres

5. Harus Ada Surat Perjanjian Ganti Rugi Barang

Harus terdapat suatu perjanjian yaitu ganti rugi pada barang. Ganti rugi sering terjadi pada jasa pengiriman terdekat. 

Mungkin bisa saja disebabkan karena barang hilang atau orang yang menerima barang tersebut bukan asli dari penerimanya sendiri.

Oleh karena itu pasti pihak pengirim akan membutuhkan waktu untuk mengirim ulang barang tersebut kepada pemilik aslinya. 

Dan hal tersebut bisa menghambat pengiriman barang entah itu dari kendala cuaca yang buruk atau kendala yang lainnya.

6. Pencantuman Info Pengirim

Pencantuman info pengirim pada barang yang akan dikirim. Tujuan dari poin ini adalah agar pihak pengirim tidak terjadi kesalahan pada alamat, nama pengirim dan nomor pengirim yang bisa dihubungi agar jika ada pertanyaan sewaktu-waktu bisa langsung menghubungi nomor tersebut.

Jika semua persyaratan barang yang akan dikirim melalui jasa pengiriman sudah kamu penuhi. Maka segera pilih ekspedisi atau layanan pengiriman barang terpercaya. 

Kamu langsung bisa memilih Lion Parcel sebagai jasa pengiriman terdekat untuk mengirimkan barang kepada konsumen. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel