-->

Penyebab Haid Tersendat atau tidak teratur

Bagi setiap perempuan yang sudah memasuki masa pubertas, tentunya akan mengalami siklus alami yang selalu datang setiap bulannya yakni haid atau sering juga disebut menstruasi. 

Namun faktanya, tidak semua perempuan di dunia mengalami kelancaran haid seperti pada biasanya, karena tak jarang ada juga beberapa perempuan yang sering mengalami kendala haid tidak lancar oleh berbagai sebab. Adapun berbagai penyebab dari tidak lancarnya proses menstruasi ini.

Penyebab Haid Tersendat

Lalu pertanyaannya sekarang, hal apa saja yang harus dilakukan bila seorang perempuan,  sedang dihadapkan dengan siklus menstruasi mengalami gangguan? Dibawah ini ada beberapa tips yang boleh dicoba sekarang juga, berikut diantaranya :

  • Melakukan pengobatan tiroid
  • Mengganti alat kontrasepsi
  • Melakukan pengobatan sindrom ovarium polikistik untuk mengontrol kadar hormon anda yang bisa mempengaruhi lancar tidaknya siklus menstruasi

Mengubah gaya hidup, gaya hidup yang tidak sehat dengan terlalu sering memakan makanan junkfood ataupun sering bedadang, tentunya bisa mempengaruhi kelancaran menstruasi. Untuk itu mulai dari sekarang juga, ubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat dengan selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat & bergizi dan juga kurangi kebiasaan bergadang.

Melakukan konseling, jika salah satu faktor penyebab ketidaklancaran siklus menstruasi anda adalah stress yang berlebih, maka dengan melakukan konseling tentunya bisa menjadi langkah yang sangat tepat untuk dilakukan.

Baca Juga : Jangan Tunggu Tambah Parah, Segera Atasi Sembelit dengan Cara Praktis

Apalagi jika stress yang menimpa anda bisa menyebabkan berat badan anda turun secara drastis, maka segerakan juga melakukan konseling dan jangan ditunda-tunda lagi demi kelancaran proses menstruasi anda.

Kalaupun anda mengalami pendarahan yang tidak biasa, seperti selalu menganti pembalut tiap jam ataupun mengalami menstruasi lebih dari 7 hari, maka sebaiknya anda mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Jadi dengan melihat ulasan diatas, apakah sudah memberikan gambaran kepada anda? Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar masalah menstruasi dan permasalahan kesehatan lainnya, di situs website kesehatan paling oke saat ini yakni di www.guesehat.com. 

Dan anda juga bisa mendownload aplikasinya melalui playstore ataupun Appstore. Disana tersedia banyak sekali info mengenai kesehatan dengan sangat lengkap, beragam dan juga bermanfaat. Kunjungi sekarang juga ya !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel