-->

Perbedaan Jasa Pengiriman Barang Reguler vs Kargo yang Lengkap

Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan jasa pengiriman barang mungkin bingung ketika melihat pilihan regular, same day, kargo, dan lain sebagainya. Sebenarnya kamu bisa menanyakan perbedaan tersebut kepada pihak ekspedisi.

Misalnya ketika mengantarkan paket ke kantor terdekat. Namun di sini secara umum akan kami jelaskan perbedaan antara pengiriman regular dan kargo yang banyak orang beranggapan keduanya sama.

Penjelasan Jasa Pengiriman Barang dan Perbedaan Reguler vs Kargo

Jasa kirim barang merupakan suatu layanan orang ketiga yang membantu memberikan barang dari pengirim kepada penerima. Saat ini telah banyak pengguna layanan jasa pengiriman untuk mengirimkan mulai dari dokumen, barang, hingga kendaraan sesuai kebutuhan pengirim.

Di sini, akan dijelaskan perbedaan antara pilihan reguler dan kargo agar kamu tidak salah pilih, simak di bawah ini.

Jasa Pengiriman


1. Sisi Konsumen

Dari sisi konsumen kamu bisa melihat perbedaan keduanya. Untuk pengiriman reguler akan melayani konsumen pada umumnya dengan berat dan jumlah paket terbatas. Sedangkan pada pilihan kargo selain melayani konsumen terkadang juga bekerja sama dengan perusahaan.

Ataupun vendor dalam mengirimkan barang-barang mereka. Hal ini karena biasanya pengiriman barang perusahaan dalam jumlah besar dan berisiko ketika dikirimkan ke luar kota atau bahkan pulau makanya menggunakan bantuan jasa pengiriman barang. 

Baca Juga : Cara Packing Jasa Pengiriman Barang Berupa Makanan

2. Tarif Pengiriman

Perbedaan kedua dapat dilihat dari tarif pengiriman. Pada reguler perhitungan barang dengan kelipatan 1 kg. Sedangkan kargo tarif pengiriman menggunakan perhitungan per 10 kg. Kamu harus dapat memilih harga termurah di antara keduanya agar tidak mengalami kerugian. 

Kalau kamu akan mengirim paket lebih dari 10 kg pilihan terbaik adalah menggunakan kargo karena biasanya akan lebih murah. Namun jika kurang dari itu bisa diperhitungkan mana yang lebih murah.

Baca Juga : Syarat Menggunakan Jasa Pengiriman Terdekat Yang Perlu Diketahui

3. Jenis Paket

Selanjutnya perbedaan dari jenis paket. Untuk pengiriman reguler biasanya jenis paket kecil, misalnya dokumen, pakaian, makanan, tas, atau barang kecil lainnya. Sedangkan penggunaan jasa pengiriman barang jenis kargo biasanya dalam jumlah banyak atau ukuran besar. 

4. Berat Pengiriman

Selanjutnya perbedaan dari berat pengiriman. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tidak ada minimal dari reguler. Biasanya reguler dapat dikirim mulai dari 0 hingga 20 kg. Sedangkan pada pengiriman kargo memiliki berat minimal yaitu 5 kg dengan maksimal 50 hingga 100 kg. 

5. Pengemasan

Pada paket reguler karena berukuran kecil biasanya pengemasan paketnya hanya berbahan plastik, menggunakan bubble wrap, kardus kecil, ataupun paperbag. Sedangkan kargo karena paket berukuran besar tentu saja harus lebih aman.

Apalagi jika pengiriman berupa barang elektronik. Biasanya pengemasan barang kargo menggunakan plastik jumbo, kardus besar, karung, bahkan peti kayu, ataupun cover khusus lainnya.

Baca Juga : 4 Jenis Layanan Jasa Pengiriman, Mulai dari Dokumen Sampai Ekspres

6. Estimasi Tiba

Perbedaan juga dapat dilihat dari estimasi waktu tiba. Estimasi ini dihitung berdasarkan waktu serta jarak paket diantar hingga tiba pada penerima. Paket reguler akan lebih cepat tiba ke alamat tujuan karena berukuran lebih kecil. Biasanya estimasi tiba hanya satu hingga tiga hari saja.

Sedangkan kalau jasa pengiriman barang menggunakan kargo estimasi tiba akan lebih lama yaitu sekitar tiga hingga empat belas hari. Selain karena ukuran barang yang besar, rute pengiriman juga lebih luas sehingga perlu waktu lebih lama.

7. Fasilitas

Selanjutnya perbedaan dari sisi fasilitas. Keduanya memang memiliki kelebihannya masing-masing, misalnya pada reguler tidak ada layanan packing barang namun bisa tiba lebih cepat. Sedangkan pada kargo tersedia layanan packing barang.

Tujuannya agar paket lebih aman namun estimasi tiba lebih lama. Lion Parcel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengirimkan barang. Setelah membaca artikel di atas, tentu saja kamu jadi lebih tahu kalau layanan jasa pengiriman barang reguler dan kargo sangat berbeda.

Sumber : Tips Membedakan Jasa Pengiriman Barang Kargo dan Reguler

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel